Kumpulan Trouble Shooting Komputer

Tuesday, August 9, 2016

Memilih Tinta Printer

4:38:00 AM Posted by Abdul Rohman No comments
Dalam Kesempatan kali ini saya akan membahas tips-tips bagaimana cara memilih tinta printer yang baik dan aman, baik untuk printer canon, hp dan epson.

Mengapa Kita harus memilih tinta printer yang baik dan aman untuk printer ?. 
Saya jawab.. karena untuk menghasilkan hasil cetak yang bagus dan menghindari kerusakan pada cartridge.
Pada saat ini, banyak orang awan tidak mengetahui, bagaimana kualitas tinta printer yang Kita beli, anggapannya semua tinta sama, baik harga murah maupun harga mahal dan orang bilang, harga mahal karena mereknya yang sudah terkenal. Anggapan demikian keliru, secara ekonomi semakin tinggi harga, semakin tinggi pula kualitasnya, terkecuali sedang promo.

Harus perlu Kita ketahui bahwa pada saat Kita beli printer baru, tinta yang berada dalam cartridge tergolong jenis tinta yang baik, sehingga hasil cetaknya bagus dan terjaga pula keawetan head cartridge. Menurut banyak teknisi printer, kandungan tinta original atau tinta bawaan cartridge tergolong jenis tinta yang kandungan oil/minyaknya lebih banyak dibandingkan dengan kandungan airnya, sehingga jika hasil cetak terkena tetesan air tidak langsung memudar.

Jenis tinta oil (minyak) dalam carttidge original juga melindungi head cartridge, sehingga hasilnya tetap bagus, tidak bergaris-garis atau putus-putus. Selain itu juga, ketika printer tidak dipakai dalam beberapa hari, head tidak gampang tersumbat.

Nah... saat ini, jenis tinta yang diperjualbelikan dipasaran, banyak jenis tinta yang kandungan airnya lebih banyak dibandingkan dengan oil (minyak). Dengan banyak kandungan air dapat menyebabkan kerusakan pada head cartridge seperti; head tersumbat, berkorosi/berkarat dan bluber/kebocoran. Dan kualitas cetaknya juga kurang bagus, apalagi jika terkena tetesan air, maka tulisan/gambar pada kertas langsung memudar. Dan Kita bisa buktikan sendiri.

Kebanyakan menurut teknisi printer, tinta dengan harga agak mahal lebih cenderung kandungan oilnya lebih banyak daripada airnya. Dan sebaliknya tinta murah lebih cenderung kandungan airnya lebih banyak. Maka disarankan bagi yang printernya diisi ulang tinta atau di infus untuk menggunakan tinta yang kandungan oil (minyak)nya banyak, untuk hasil cetak bagus dan menjaga head tetap awet.

Demikian tips-tips cara memilih tinta printer yang baik dan aman.

Semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==