Kumpulan Trouble Shooting Komputer

Monday, October 26, 2015

Cara Mengatasi Mouse Tidak Bergerak

10:08:00 PM Posted by Abdul Rohman 2 comments
Mouse tidak bisa bergerak adalah masalah umum yang sering terjadi, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut yaitu:
  1. Permukaan alas mouse yang memantulkan cahaya optic mouse seperti kaca, alas kertas glossy dan alas lain yang sejenisnya.
  2. Kabel mouse yang terputus didalamnya, yang memungkinkan Kita tidak bisa mendeteksi dari luar.
  3. Konektor usb mouse yang sudah kendor, sehingga tidak terhubung dengan komputer atau notebook.
  4. Terjadi Hank dalam menjalankan sistem operasi atau aplikasi.
Biasanya dari keempat faktor tersebut yang menyebabkan mouse tidak bisa bergerak. Untuk mengatasinya dari 4 faktor tersebut memiliki cara perbaikan masing-masing.


* Untuk mengatasi mouse yang tidak bisa bergerak akibat dari faktor pertama sangatlah mudah dengan cara memilih permukaan alas mouse yang tidak bisa memantulkan cahaya, seperti kain warna gelap atau kertas warna gelap. Biasanya hal ini terjadi pada mouse optic yang standar, berbeda dengan mouse yang kualitas tinggi, bisa mengatasi permukaan yang memantulkan cahaya.

* Untuk mengatasi mouse yang tidak bisa bergerak akibat faktor kedua, Kita harus menggantikan mouse terlebih dahulu dengan mouse yang normal untuk memastikan titik permasalahan, apakah mousenya atau komputernya. Kalau setelah Kita ganti dengan mouse yang normal tetap mouse tidak bisa bergerak, yang berarti kerusakan bukan bersumber dari mousenya. Jika permasalahan pada kabel mouse, solusi yang sering dilakukan adalah dengan mengganti mouse yang normal.

* Untuk mengatasi mouse yang tidak bisa bergerak akibat faktor ketiga, sangatlah mudah untuk mendeteksinya dengan cara menggoyang-goyangkan konektor atau colokan usb ke komputer atau notebook. Kalau terjadi putus nyambung deteksi mouse dalam new hardware, Kita bisa memposisikan kedudukan colokan usb dengan tidak terlalu masuk kedalam port usb komputer atau notebook.

*Untuk Mengatasi mouse yang tidak bisa bergerak akibat faktor keempat, permasalahan bukan terjadi pada mousenya, akan tetapi kerusakan berasal dari sistem operasinya (windows, linux, mac os). Solusi yang perlu Kita lakukan adalah merepair windowsnya. Karena faktor keempat ini masih kompleks maka perlu ada pokok bahasan sendiri tentang ini diartikel selanjutnya.

Hosting Murah

2 comments:

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==