Kumpulan Trouble Shooting Komputer

Wednesday, December 9, 2015

Cara Mengatasi Layar Laptop Tidak Tampil

5:06:00 AM Posted by Abdul Rohman No comments


Maksud layar laptop tidak tampil disini adalah tidak tampilnya gambar atau tulisan ketika Kita hidupkan laptop atau alias tidak ada respon untuk masuk ke sistem operasi (windows), padahal lampu indikator power atau proses berjalan. Hal ini biasanya diakibatkan oleh Layar LCD yang mati atau motherboard yang rusak.
Nah.. bagaimana untuk mengetahui letak kerusakan tidak tampilnya LCD, apakah karena layar LCD yang mati ataukah motherboard yang rusak..?

Trik yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Koneksikan atau hubungkan port VGA laptop Anda ke LCD monitor LCD komputer atau ke LCD projector, akan lebih baiknya matikan terlebih dahulu laptop Anda sebelum menghubungkan ke LCD monitor atau LCD Projector.

2. Setelah terhubung dengan LCD Monitor hidupkan kembali Laptop Anda.

3. Jika Laptop Anda dapat tampil di LCD Monitor, maka positif LCD laptop Anda mati atau rusak, dan sebaliknya jika tetap tidak tampil di LCD Monitor maka kerusakan di motherboardnya.
Untuk kerusakan di LCD laptop, Anda harus menggantikannya dengan LCD yang baru atau 2nd karena kerusakan tersebut cenderung tidak bisa untuk diperbaiki secara elektronik.

4. Dan untuk kerusakan di motherboard laptop, masih bisa kemungkinan untuk diservis secara elektronik, karena kerusakan tersebut cenderung ke salah-satu atau beberapa komponen motherboard aja. Bisa jadi karena IC power yang rusak, IC chipset atau yang lainnya.

0 comments:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==