Kumpulan Trouble Shooting Komputer

Wednesday, November 4, 2015

Cara Mengecek atau Mendiagnosa Kerusakan Komputer

7:28:00 PM Posted by Abdul Rohman No comments
Kerusakan pada komputer, sering sekali menjadi penghambat terhadap pekerjaan-pekerjaan Kita. Pada saat kita menemukan kondisi komputer Kita mati, kita sering menjadi panik mengenai apa yang harus dilakukan. Melakukan perbaikan terhadap PC atau komputer tidak serta merta melakukan pergantian terhadap semua komponen komputer tersebut. Langkah pertama harus kita lakukan adalah melakukan diagnosa terhadap semua kerusakan Komputer, melakukan pengecekkan instalasi fisik dan perangkat lunak atau software pada komputer. selama melakukan diagnosa, Kita tidak boleh panik tetapi harus secara teliti memeriksa kondisi Komputer.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:
  1. Melakukan Diagnosa Sistem, Langkah awal dari melakukan perbaikan terhadap komputer adalah Kita harus mengetahui letak atau lokasi kerusakan sehingga Kita tidak melakukan keslahan perbaikan. Diagnosa merupakan langkah pertama yang harus dilakukan, seperti; POST, diagnosa umum, diagnosa mencari dan memecahkan persoalan
  2. Melakukan Trouble Shooting, merupakan prosedur pelacakan sederhana terhadap gejala kerusakan yang terjadi. Secara umum langkah-langkah trouble shooting terhadap komputer meliputi:
    • Jangan panik
    • Lakukan pengecekan awal terhadap perangkat keras atau hardware
    • Jangan mengabaikan yang tampak
    • Lakukan yang anda bisa
    • Selesaikan masalah
    • Tukarkan dengan perangkat yang lain
Dalam melakukan troubleshooting, Kita tidak boleh langsung memvonis keruskan pada suatu komponen tanpa melihat terlebih dahulu kondisi yang sebenarnya. Maksud dari "jangan mengabaikan yang tampak" adalah bisa jadi penyebab kerusakan adalah hal yang sederhana dan sepele. Seperti misalnya LCD monitor tidak dapat menyala padahal kotak cpu sudah dinyalakan, hal seperti ini bisa jadi disebabkan karena kabel power atau kabel data vga belum terpasang dengan sempurna.

0 comments:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==