Kumpulan Trouble Shooting Komputer

Tuesday, November 10, 2015

Cara Mengatasi CMOS CHEKSUM ERROR atau CMOS failure

8:22:00 AM Posted by Abdul Rohman , No comments
Pada saat komputer booting muncul pesan "CMOS CHEKSUM ERROR atau CMOS failure", sehingga Kita tidak bisa melanjutkan booting ke sistem operasi, dan untuk mengabaikan pesan tersebut Kita harus tekan F1 to Continue dan bisa masuk ke sistem operasi atau windows. Akan tetapi dengan memilih F1 to Continue menyebabkan beberapa kendala;







  1. Setting tanggal komputer tidak sesuai dengan tanggal sekarang, sehingga menyebabkan beberapa program tidak bisa dijalankan seperti program browser.
  2. Dengan berubahnya tanggal komputer menyebabkan sistem operasi tidak bisa berjalan lancar dan kadang cenderung melambat.
Dengan permasalah tersebut, diagnosanya adalah Baterai CMOS telah habis atau rusak. Apa yang telah Kita ketahui untuk umur baterai CMOS sangat tahan lama, biasanya ketika kita beli komputer baru, 3 sampai dengan 5 tahun baterai CMOS akan habis sesuai dengan pemakaiannya. Dan solusinya adalah dengan mengganti dengan baterai baru. Dan untuk cara pemasangannya adalah sebagai berikut:
  1. Sebelum membuka kotak CPU terlebih dahulu harus melepas arus listrik baik secara langsung dari stop kontak maupun tidak secara langsung seperti kabel data vga yang terhubung dengan kotak CPU.
  2. Siapkan alat obeng minus untuk melepaskan baterai CMOS.
  3. Memasukan baterai baru.
  4. Hidupkan Komputer, selama dalam posisi POST tekan Delete, F2 atau yang lain untuk masuk ke program BIOS.
  5. Setting BIOS dengan tanggal sekarang.

0 comments:

Post a Comment

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==